Lompat ke konten

Mengetahui Secara Umum Instalasi AC

    Instalasi AC

    Wilayah Indonesia yang melewati garis khatulistiwa menyebabkan iklim tropis yang dialami setiap tahunnya. Suhu udara yang panas mengganggu aktivitas manusia. Saat ini penggunaan air conditioning (AC) menjadi penting sebagai solusi untuk mengurangi sensasi panas. Air conditioner (AC) adalah zat pendingin yang mengeluarkan udara dingin untuk menyejukkan suatu tempat.

    instalasi ac
    Instalasi AC

    Dulu hanya digunakan di gedung-gedung tinggi, kini AC sudah merambah ke gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, bahkan rumah penduduk. Kebutuhan akan AC semakin meningkat dari tahun ke tahun. Permasalahan utamanya adalah jumlah konsumen yang semakin meningkat dengan berkembangnya teknologi AC tidak dibarengi dengan kajian-kajian yang seharusnya dilakukan terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi mengenai pemilihan dan pemasangan AC. Seringkali AC dipasang di dalam ruangan, namun suhu ruangan masih hangat. Sebaliknya suhu ruangan yang sangat dingin membuat orang yang beraktivitas di dalamnya merasa tidak nyaman. Oleh karena itu penelitian yang dilakukan sebelum memilih dan memasang AC adalah menentukan kapasitas AC yang tepat sesuai dengan kondisi ruangan berpendingin.

    Bagaimana cara kerja AC

    Dalam perhitungan beban ini, banyak faktor yang dapat mempengaruhi perhitungan tersebut, dan perhitungan yang baik dan akurat dapat menentukan ruangan mana dalam pemasangan AC yang benar atau salah, sehingga dapat dilakukan perbaikan dan penyesuaian untuk memastikan kondisi ruangan yang nyaman, energi efisiensi penggunaan dapat tercapai.

    Prinsip pengoperasian air conditioning (AC)

    Prinsip pengoperasian AC dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: bekerja dengan refrigeran, bekerja dengan aliran udara, dan bekerja dengan alat-alat listrik.

    sebuah. Bekerja dengan pendingin

    Kerja refrigerant dimulai dari kompresor yang merupakan bagian terpenting dari refrigerasi. Refrigeran dengan suhu dan tekanan rendah dihisap oleh kompresor, sehingga refrigeran menjadi gas dengan suhu dan tekanan tinggi, yang keluar dari saluran tekanan dan masuk ke tabung atas kondensor. Di kondensor, refrigeran mengembun dan berubah dari gas menjadi cair. Setelah refrigeran terkondensasi, refrigeran mengalir ke bagian bawah tabung kondensor yang bersuhu rendah tetapi bertekanan tinggi, kemudian mengalir keluar melalui filter. Selama penyaringan, cairan pendingin disaring dari air dan kotoran sehingga sirkulasi cairan pendingin dalam sistem tidak terganggu.

    Pendingin, yang cair dan disaring, mengalir ke kapiler. Refrigeran memasuki evaporator, di mana saluran masuk refrigeran dikendalikan oleh pipa kapiler. Di evaporator, zat pendingin menguap, berubah dari cairan menjadi gas, dan terjadi pendinginan di sini.

    B. Bekerja dengan aliran udara.

    Pekerjaan aliran udara dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

    1. Bagian dalam atau bagian dingin

    Tujuan aliran udara dalam ruangan adalah untuk mengalirkan udara hangat ke dalam ruangan menggunakan motor kipas, menyedot udara panas menggunakan evaporator, dan meniupkan udara dingin ke dalam ruangan.

    1. Bagian luar atau bagian yang dipanaskan

    Tujuan dari aliran udara luar adalah untuk mengarahkan udara di sekitar ruang luar dengan menggunakan motor kipas yang ditiupkan ke dalam kondensor untuk membantu proses kondensasi di dalam kondensor.

    peralatan pendukung AC

    Pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian, motor kipas dan motor kompresor dengan proteksi dan regulator. Pengoperasian masing-masing bagian peralatan listrik RAC adalah sebagai berikut:

    1. Motor kipas

    Pada umumnya motor baling-baling memiliki poros yang panjang dikedua sisinya. Satu sisi untuk menjalankan bilah kipas (fan blade), pada kondensor dan ujung lainnya pada poros untuk menggerakkan roda kipas pada evaporator.

    1. Kontrol suhu

    Ini mengatur suhu di dalam ruangan dan memiliki lampu kontrol yang ditempatkan pada aliran udara dingin dari ruangan yang ditarik oleh kipas angin. Itu dapat menghentikan kompresor dengan memutus daya dan menyambungkannya kembali secara otomatis.

    1. Kabel listrik

    Kabel yang digunakan harus memiliki penampang yang cukup agar tidak menyebabkan jatuh tegangan dan memanaskan kabel itu sendiri.

    1. Kondensor

    Jalankan kapasitor membantu dalam memulai dan memperbaiki faktor start motor sehingga konsumsi daya lebih rendah. Kapasitor start digunakan sebagai alat bantu start agar mesin bekerja lebih cepat.

    1. Pembatas

    Ini hanya digunakan untuk memulai dan menghentikan kipas

    Kunjungi juga tempat Sewa Genset Silent terbaik dan Sewa AC Standing terlengkap di sini!